Siapakah Netizen Itu? Netizen Adalah Manusia Super dan Maha Benar

siapakah itu netizen

Siapakah Netizen Itu? Netizen Adalah Manusia Super dan Maha Benar

Ketemu lagi sama ngademin. Kali ini Ngademin mau bahas apa itu netizen, apakah peran mereka, dan benarkan netizen itu manusia super dan maha benar? Mari kita bahas bersama. Seringkali jika kita membaca berita-berita di internet ada kata-kata netizen. Ada banyak orang di internet yang menyebut dirinya Netizen. Lalu apa sih netizen itu?

Pengertian Netizen

Istilah netizen adalah gabungan dari dua kata, yaitu Internet dan Citizen ( penduduk, warga). Dalam garis besar Netizen adalah pengguna internet. Netizen di Indonesia biasa disebut WargaNet, adalah seseorang yang aktif terlibat dalam komunitas online dalam internet. Jenis-jenis Netizen pun bermacam-macam, ada yang sekedar seneng-seneng, ngobrol, lalu ada juga Netizen yang jadi aktivis online yang menuntut perubahan di dunia nyata.

Siapa Pencetus Istilah ‘Netizen’

Ketika internet sedang mulai naik daun di pertengahan 1990-an, penulis dan salah satu pelopor Internet Michael F. Haubenmengungkapkan idenya tentang para pengguna Internet di tulisannya, “The Net and Netiens: The Impact the Net Has on People’s Lives”. Di paragraf pertamanya:

“Selamat datang di abad ke-21. Anda adalah seorang Netizen (seorang penduduk Net) dan anda hadir sebagai warga di dunia ini, semua karena konektifitas global yang bisa diwujudkan oleh Net. Anda memandang semua orang sebagai warga senegara anda. Secara fisik mungkin anda sedang hidup di satu negara, tapi anda sedang berhubungan dengan sebagian besar dunia melalui jaringan komputer global. Secara virtual, anda hidup bersebelahan dengan setiap Netizen di seluruh dunia. Perpisahan secara geografis sekarang diganti dengan keberadaan di dunia virtual yang sama.”

Benarkah Netizen ini Manusia Super dan Maha Benar?

1. Netizen Lebih Cerdas Daripada Ilmuan

Seringkali ngademin jumpai di  beranda Facebook dan di grup-grup, netizen seringkali menanggapi berita mereka sering nyinyir seakan akan lebih tau apa yang sedang terjadi, padahal kenyataannya belum tentu begitu. Ngademin suka sama kelakuan netizen yang begini, sebagai hiburan saja, karena netizen yang punya kelakuan lebih cerdas daripada ilmuan ini biasanya memiliki ilmu Cocoklogi yang sangat tinggi. Karena ilmu Cocoklogi inilah jadi “bener ga bener yang penting cocok”. Kadang ada yang melakukan penelitian yang cocoklogi sehingga menimbulkan ‘kesegaran’ ‘kelucuan’ yang akan menghibur.

2. Netizen Lebih Sholeh Daripada Ustadz

Kalau masalah ini teen-temen bisa nilai sendiri dah, bagaimana konflik Indonesia akhir-akhir ini. Miriss. Konflik agaman makin menjadi-jadi. Seiring dengan konflik ini, ada aja netizen yang bertingkah laku seakaan akan dia adalah manusia yang paling bener, paling sholeh diantara netizen lain.

Paling parah lagi adalah netizen yang menetapkan hukum halal dan haram sendiri tanpa didasari hukum yang benar.

3. Netizen Lebih Pancasilais Daripada Para Pahlawan yang Gugur

Poin ini Ngademin lebih sering juga menjumpai. WargaNet yang ini seakaan-akan dirinya adalah manusia yang paling pancasilais, nasionalis, dll. Padahal jika kita lihat, netizen hanya berjuang lewat nyinyiran atau komentar-komentar dan berbanding terbalik dengan para pahlawan yang memperjuangkan bangsa Indonesia.

4. Netizen Lebih Tau Kesehatan Daripada Dokter

Ini akibat kita diharuskan untuk bermanfaat bagi orang lain. Akhirnya kita semua jadi sok bermanfaat. Ada yang berbagi info kesehatan, ternyata salah. Ada yang berbagi nilai kebangsaan, ternyata salah. Ada yang berbagi meme niatnya menghibur, lebih salah lagi karena ada yg butthurt.

5. Netizen Lebih Tau Masalah Orang Daripada Masalah Sendiri

Kalian bisa nilai sendiri bagaimana kelakuan Netizen Indonesia dah, bagaimana menanggapi setiap masalah orang lain. Masalah itu akan dicari terus sampai akar-akarnya, padahal mereka sendiri punya masalah yang belum terselesaikan.

 

Ngademin menulis artikel ini terinspirasi dari salah satu komentar orang Di Facebook yang menyebutkan kalau netizen itu adalah manusia sempurna. Jika ada yang mau menambahi, silahkan tulis di komentar ya..

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: